Header Ads

Harga Bahan Baku Biji Kakao Bakal Pembuat Cokelat Melambung Hingga Langit ke 10

beritabandabaro
Biji Kakao Kering_koleksiBBB

Dedi seorang pengusaha Mikro cemilan cokelat dan minuman cokelat yang berlokasi di Ulee Nyeue kecamatan Banda Baro harga biji Kakao melambung hingga langit ke-10 katanya kepada beritabandabaro.com, lalu kami sebagai pengusaha cemilan coklat mikro hanya bisa ketawa-ketiwi saja, haa..hiii..hiii.

langit ke-10 yang saya maksud itu hanya sebagai umgkapan yang sudah lagi tidak bisa dilogikan, sudah sangat sangat tidak bisa dirasional lagi, coba bayangkan dari biasa bulan bulan akhir tahun 2023 masih bisa dapat bijian kakao dengan harga 35 ribu rupiah lalu bulan lalu saya dengar sudah bertengger di angka 85 ribu, lalu saya dengar lagi dari temanada yang sudah 90 ribu, ada lagi info sebelum lebaran di Bireuen sudah ada yang mo beli 100 ribu. bukankah ini sebuah lonjakan harga yang wow dalam sejarah perkakaoan di Indonesia.

dedi lalu menambhakan, bila begini terus kami pengusaha cemilan dan minuman cokelat ini mau menjual bagai mana harga dipasar dengan lonjakan harga bahan baku yang terus naik. harga produksi kami meningkat sementara harga jual kami tidak bisa asalan naik, karena bisa berimpak kepada penjualan dan omset, ini akan berpengaruh kepada cash flow usaha kami yang memang boleh dikatakan sedang mengalami penurunan.

Kami berharap pihak terkait dalam hal ini pemerintah ada andil atas ketidakseimbangan ini. semoga ada kebijakan terkait harga bahan baku kakao ini. begitu harap dedi pengusaha mikro cemilan cokelat Cado yang berlokasi di Ulee Nyeue kecamatan Banda Baro kabupaten Aceh Utara.

Nibs kakao
NIB Kakao

sementara itu hemat berita banda baro, kenaikan harga biji kakao ini juga tidak berdampak baik bagi petani, hal ini dikarenakan petani kakao telah banyak yang beralih kepetani sawit, alhasil kenaikan harga kakao dunia ini juga peluang yang berlalu begitu saja. hanya beberapa batang kakao milik warga yang ditanam satu dua tiga empat batang dibelakng rumahnya saja yang bisa menikmati lonjatan harga biji Kakao ini, dan ini tentunya tidak bisa memberi impak yang lebih besar bagi ekonomi skala besar.

Diberdayakan oleh Blogger.