Header Ads

Aparatur Gampong Banda Baro Mengikuti Pelatihan Review Tata Kelola Pemerintahan Dan Pengelolaan Keuangan Gampong Yang Akuntabel Dan Transparan

Photo by Presiden Kacho


Aparat Gampong Banda Baro dilatih standarisasi Auditing Keuangan Gampong dan Evaluasi Penerapan Kewengan Gampong.

Acara ini dihelat di hotel Singapore Lhokseumawe selama satu hari tanggal 20 Juli 2023. 

Pelatihan ini di materikan oleh Andria Zulfa. Ph.D. diharapkan aparatur di Banda Baro setelah pelatihan nantinya dapat mengelola dana Gampong secara akuntabel dan transparan, begitu sebut pak Andria Zulfa yang juga perwakilan Inspectorat Aceh Utara.

Menurutnya lagi Asas Pengelolaan Keuangan Gampong, harus:

1.Transparan. Maksudnya membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskrimianatif tentang penyelenggaraan Pemerintah Desa.

2.Akuntabel. Maksudnya setiap kegiatan dan hasil akhir kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Gampong harus dapat dipertanggingjawabkan kepada masyarakat desa sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

3.Partisipatif. Maksudanya Penyelenggaraan Pemerintah Gampong yang mengikutsertakan kelembagaan Gampong dan Unsur Masyarakat Gampong.

4.Tertib. menggunakan landasan keteraturan, keserasian, dan keseimbangan dalam pebgendalian penyelenggara pemerintah Gampong dan mendahulukan kesejahteraan umum dengam cara yang aspiratif, akomodatif, dan selektif.

5.Disiplin Anggaran. Menggunakan anggaran secara bijaksana sesuai aturan perundang-undangan dan perencanaan yang telah ditetapkan.

Dalam kesempatan itu pak Andria Zulfa juga menyampaikan bahwa Aceh Utara adalah Kabupaten Yang terbanyak desa seluruh indonesia, bila Aceh Utara tata pengelolaan Dana nya bagus, maka akan sangat berkontribusi dan berpengaruh kepada nasional.DDII.



Diberdayakan oleh Blogger.