Header Ads

Kopi Arabika Kacho, taste nya seperti ala kopi Sacandinavian

 

Saat ini Cado Agrofood Semesta setelah berhasil dalam bisnis Cokelat Cemilan kini merambah ke kopi juga.

Ketika ditanyai kepada ownernya, dedy mengatakan bisnis kopi lebih mendapat porsi pasar lebih besar dan mudah dibanding cokelat, lagian pemerintah aceh juga lebih berfokus ke kopi ketimbang Kakao atau cokelat. Ketika media beritabandabaro.com bertanya kebenaran akan hal itu dedi membenarkan dengan banyaknya gelaran even perkopian di Aceh yang dilakukan pemerintah aceh, bahkan menjadi even tahunan.

Alasan lainnya dikarenakan masyarakat aceh yang notabenenya adalah lebih banyak minum kopi ketimbang cokelat, ini juga alasan lainnya mengapa saya merambah ke bisnis kopi. Alasan lain lagi dikarenakan masyarakat Aceh adalah mayoritas penikmat kopi, saya tidak perlu melakukan banyak edukasi perkopian, lain halnya dengan bisnis cokelat, di samping alat produksi yang lebih banyak, pengolahannya juga sangat rumit bila di bandingkan dengan kopi.

Bisnis kopi setidaknya butuh 3 alat saja sudah bisa berbisnis, seperti alat roasting, alat pembubuk dan pengemas, lain halnya bisnis cokelat jauh lebih banyak, komplek dan rumit.

Namun mengapa saya bisa tetap berproduksi dengan tanpa dukungan pemerintah, dikarenakan saya melihat potensi kakao di Aceh Utara itu banyak dan umumnya petani tidak melakukan olahan paska panen, umumnya mereka langsung jual biji ke pengepul, lalu dieksport atau jual ke medan atau ke jawa.

Hal ini menyebabkan saya berjibaku walau masih lebih banyak menggunakan alat manual, namun Cokelat dengan Merek Lokal harus hadir di belantara penikmat cokelat, begitu.DDI-BBB.
Kopi Arabika Kacho
Arabika Kopi Kacho

Diberdayakan oleh Blogger.