Header Ads

Peringati Tahun Baru Hijriah BP Darul Kiram Almunawwarah Dengan Khanduri & Tausiah

 

Tausiah.bbb.

Memperingati Tahun Baru Islam, BP Darul Kiram Almunawwarah Simpang Keramat Gelar Khanduri dan Tausiah

Aceh Utara– Balai Pengajian Darul Kiram Al-Munawwarah Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara  mengadakan Acara Khandurin dan Tausiah dalam rangka memperingati tahun baru Hijriyah 1444 H,pada Malam Minggu (30/9) pukul 19.30 sampai 22.00 WIB


Tausiah yang diikuti oleh seluruh guru,  dan Santri BP Darul Kiram Al-Munawwarah ini diadakan di Musalla  BP Darul Kiram Almunawwarah .


Tausiah peringatan tahun baru Hijriyah ini diadakan dalam rangka meningkatkan pemahaman Santri tentang sejarah 1 Muharam sebagai tahun baru Islam. “Tahun Baru Islam ditandai dengan peristiwa besar yaitu hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Selanjutnya, kalender Islam menggunakan perhitungan tersebut,” ungkap Waled Saifullah  selaku Pimpinan BP Darul Kiram Almunawwarah Simpang Keuramat


Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu sebagai kegiatan muhasabah dan instrospeksi diri agar tercipta pribadi-pribadi yang unggul dalam moral maupun akhlaknya. “Semoga seluruh Santri diberi peningkatan akhlak, lindungan, taufik, dan hidayah dari Allah sehingga dapat hidup tenteram di dunia dan di akhirat,” ungkapnya. 


Selanjutnya, pengajian diisi oleh Ustad Irfan Maulana Alumni Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Paloh Gadeng yang menjelaskan keutamaan bulan Muharam. “Muharam adalah bulan istimewa. Allah ciptakan Lauhul Mahfudz, Allah turunkan hujan ke bumi sebagai rahmah, dan Allah ampuni segala dosa-dosa para nabi,” terangnya.


Tahun baru hijriyah maupun masehi keduanya sangat penting. Ketika ada tahun baru, sebaiknya kita memikirkan bahwa umur kita bertambah tetapi jatah hidup kita berkurang. Sisa kehidupan ini harus diisi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perintah Allah dan sabda Rasulullah. “Mari kita gunakan sisa umur hidup kita supaya bermanfaat bagi siapa saja dan di mana saja,” pungkasnya.

Diberdayakan oleh Blogger.