Header Ads

BUMDes Ini Raup 120 Juta Per 35 Hari

Peternakan BUMG Beudoh Beusare

BUMDEs (Badan Usaha Milik Desa) atau di Aceh Utara menjadi Badan Uasaha Milik Gampong (BUMG).

Adalah Badan Usaha Milik Gampong 'Beudoh Beusare' Seumirah memiliki unit usaha peternakan di dusun bale gajah desa setempat. Berikut hasil reportase dan feature dari Jurnalis warga berita banda baro.

Usaha Ekonomi kerakyatan milik gampong ini bukan hanya bisa disematkan kata luar biasa atau kata 'wow', bahkan kata ' super' pun masih belum sepadan, hanya untuk menekspresikan kebanggaan. 

Mengapa tidak, dusun Bale Gajah di disebuah Desa Seumirah, gampong di tengah hutan berbatasan dengan kabupaten Bener Meriah sana, ternyata dalam hutan bekas belantara itu dengan modal seadanya dari Dana Desa yang terbatas itu telah mampu melahirkan sebuah unit usaha peternakan Ayam Potong yang bukan main luasnya itu. Ini sudah memasuki tahun ke-2 dan sudah 11 kali panen sejak akhir tahun 2020 lalu. Geuchik Lukman dan Bang Dahlan Bukan tidak ada rintangan dan tantangan bahkan harus merelakan harta milik pribadi di awal pembukaan unit Usaha BUMG tersebut dan sekarang sudah berjalan dan dapat meraup 120 juta per 35 hari sekali. Wow!  

Ini tentu bukan usaha tanpa perjuangan dan air mata, bukan berarti di awalnya tanpa penolakan dari warga. Ini bukan sekedar usaha ceut langet dan usaha cilet cilet yang sekedar alasan untuk menggerogoti Dana Desa. Ini adalah sebuah usaha yang memiliki visi dan misi yang jelas dan akuntabel.

Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten kota jangan sungkan untuk datang dan belajar bersama masyarakat gampong yang lemah dan tak berdaya, hemat, tangguh, mental pejuang. 

Sadar akan segala keterbatasan untuk melahirkan ide ide brilian yang dapat bermanfaat untuk sesama dalam kebersinambungan, dalam bahasa pemerintah pusat dibawah kementerian desa kita menyebutnya SDGs. Inilah SDGs itu.


Diberdayakan oleh Blogger.