Header Ads

BUMG Paya Permai Dapat Setor PAD Desa

 


Sukses Story BUMG Paya Permai Gampong Paya Dua. 

Paya Dua merupakan satu dari sembilan gampong yang ada di kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara dengan jumlah penduduk lebih kurang seribu jiwa yang termasuk dalam lima ratusan kepala keluarga dengan luas gampong lebih kurang 500 hektar memiliki areal persawahan lebih kurang 160 hektar. 

Masyarakatnya selain bermata pencaharian bertani padi juga sebagian besar adalah pedagang, ini berkenaan dengan tempatan penduduk sebagian besar disepanjang jalan PT. KKA sepanjang lebih kurang 2000 meter dan dikarenakan gampong ini memiliki posisi strategis karena dilalui oleh jalan alternative Krueng Mane-Buket rata yang memotong Jalan KKA dimana menjadi Perempatan pusat pertumbuhan ekonomi Baru bagi Paya Dua dan banda baro umumnya. 

Bertumbuhnya pertokoan sepanjang didua jalan tersebut menyebabkan kebutuhan air bersih meningkat, alasan ini kemudian melahirkan ide bagi BUMG setempat untuk mendirikan unit Usaha Suplai air bersih ke toko-toko dan rumah rumah di areal pasar Elak tersebut. Dari tahun ke tahun Pelanggan Air Bersih semakin meningkat bermula dari hanya 38 pelanggan kini sudah seratusan lebih, dengan meniru system meteran PDAM maka usaha ini menguntungkan dan trasnparan dalam penggunaan debit air dikarenakan tercatat. 

Dari satu tower air kini usaha unit supplai air bersih ini telah memiliki 2 tower dengan pemasukan bulanan lebih kurang 5000.000. Bukan hanya unit usaha air bersih, BUMG Paya Permai ini juga memiliki Usaha Sewa Kios Buah sebanyak 7 unit yang dipatok harga 1.200.000 per tahun. 

Dalam waktu dekat BUMG Paya Permai Juga akan mengelola Pasar Rakyat yang baru saja diserahkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdaganan Aceh Utara sebanyak 60 Kios dengan harga sewa 500.000 pertahun sudah termasuk pemasangan meteran listrik. Saat ini hasil dari usaha tersebut sudah bias setor Pendapatan Asli Gampong dan merehab jalan pasar ikan yang segera akan beroperasi dalam waktu dekat. Semoga unit usaha yang ada semakin berkembang dan bertumbuh serta dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Paya Dua. 


Reportase oleh Deddi Iswanto Ibrahim Pendamping Desa Pemberdayaan Banda Baro Aceh Utara. DDI-BBB.
Powered by Blogger.