Header Ads

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Meresmikan Ma'had Aly Dayah Babussalam Al Hanafiyah

www.beritabandabaro.com

Beritabandabaro.com. Aceh Utara-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh melaunching Ma'had Aly Dayah Babussalam Al Hanafiyah Kecamatan Matangkuli Aceh Utara, Selasa (6/8).

Kedatangan Kakanwil disambut pimpinan Dayah Babussalam Waled H. Sirajuddin Hanafi di jalan masuk ke dayah tersebut, dan tampak seribuan santri dengan seragam putih berjejer rapi di kiri kanan jalan menyambut kedatangan orang nomor satu di Kemenag Aceh.

Turut hadir pada launching tersebut Direktorat Pondok Pesantren Kemenag RI yang diwakili Kasi Ketenagaan Subdit Diniyah Agus Umar, Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara Abdullah Hasbullah, Alim Ulama, Muspika dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya sebelum launching Kakanwil menyampaikan bahwa pendidikan pondok pesantren sudah ada sebelum negara merdeka, maka berbicara pondok pesantren (dayah)  berarti berbicara tentang pendidikan asli Indonesia yang meliputi pendidikan di Meunasah meunasah dan rangkang.

"Kita melihat dayah tengku chiek sampai pendidikan al jami'ah seperti masjid raya Baiturrahman Banda Aceh," ujar Kakanwil.

Ditambahkan adanya lembaga pendidikan ini dapat dilihat melalui berbagai situs sejarah lembaga tersebut, seperti dayah Tgk Awe Geutah di peusangan, Dayah tgk syik Ditiro (saman), Dayah Tgk Chik Tanoh Abee, Dayah Krueng Kalee dan lainnya.

"Sepenggal kisah sejarah tersebut cukup membuktikan bahwa dayah atau pondok pesantren telah berperan jauh sebelum Republik ini mengenal sistem pendidikan, dari dulu pesantren sudah memiliki kualitas dan ini harus kita pertahankan," ucapnya.

Daud Pakeh juga mengatakan Ma'had Aly adalah solusi yang telah dicetuskan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pesantren.

Lulusan Ma'had Aly nantinya adalah ilmuan pesantren yang siap berdiri didepan memberikan solusi (Problem Solving) terhadap permasalahan yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.

"Kami sangat bersyukur bahwa dari 48 Ma'had Aly di Indonesia, dua diantaranya ada di kabupaten Aceh Utara, keempat Mahad Aly di Aceh, yaitu MUDI MESRA Samalanga, Darul Munawwarah Ulee Glee, Ma'had Aly Malikussaleh di Panton Labu dan   Babussalam Al Hanafiyyah ini," sebutnya.

Seperti yang disampaikan Menteri Agama bahwa Ma'had Aly merupakan program unggulan Kementerian Agama yang telah dituangkan melalui PMA 71 tahun 2015, dimana Ma'had Aly menyelenggarakan program akademik Strata Satu untu melahirkan mutafaqqih fiddin.

Mahad Aly Merupakan Pendidikan Tingi Keagamaan yang ada di Pesantren, lulusannya setara dengan jenjang S1 di Universitas. Dan Ma'had Aly masuk dalam sistem pendidikan nasional.

"Ma'had Aly adalah wujud pelembagaan sistemik tradisi intelektual pesantren tingkat tinggi yang keberadaannya melekat pada pendidikan pesantren. Secara kelembagaan, posisi Mahad Aly adalah jenjang Pendidikan Tinggi Keagamaan pada jalur Pendidikan Diniyah Formal," tegas Kakanwil.

Kehadiran Ma'had Aly seperti universitas khusus yang akan melahirkan para Alim di Bidang Agama, seperti Fakutas kedokteran melahirkan para dokter, teknik dan fakultas lainnya, begitu juga dengan Mahad Aly mampu mencetak orang-orang yang memiliki keahlian ilmu Agwma, karena negara saat ini membutuhkannya, bukannya lulusan yang siap bekerja saja.

"Mudah-mudahan menjadi titik awal bangkitnya Pendidikan Mahad Aly di Indonesia, Bermula di Aceh untuk Indonesia," harapnya.

Karena itulah, maka kami selaku Kakanwil Kementerian Agama berusaha semaksimal mungkin untuk provinsi Aceh, harus mampu melahirkan legalitas pondok pesantren sebanyak mungkin pada program Ma'had Aly.

Sementara Kasi Ketenagaan Subdit Diniyah Agus Umar mengatakan semoga melalui pendidikan tinggi Ma'had Aly mampu melahirkan kader-kader yang bersaing tinggi di berbagai level.

Mudir Ma'had Aly Dayah Babussalam Al Hanafiyah,  T Zulkhairi SPd I MA mengapresiasi Kakanwil Kemenag Aceh atas inisiatif dan upayanya dalam melahirkan Ma'had Aly di Aceh, termasuk salah satunya Ma'had Aly Babussalam Kec Matangkuli Aceh Utara.

Menurutnya, ditengah kesibukan dan padatnya agenda Kakanwil baik itu di daerah maupun nasional, Kakanwil berhadir sekaligus akan melaunching Ma'had Aly tersebut.

"Alhamdulillah, Bapak Kakanwil hadir ditengah kita pada peresmian dan lauching Ma'had Aly hari ini, padahal kita tahu beliau punya kesibukan yang begitu padat," ujar Zulkhairi dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil menerima SK Ma'had 'Aly Babussalam Al Hanafiyyah Matangkuli dari Direktorat Pondok Pesantren Kemenag RI yang diwakili Kasi Ketenagaan Subdit Diniyah, selanjutnya Kakanwil menyerahkan SK tersebut kepada pimpinan Dayah Babussalam Al Hanafiyah.

Ma'had 'Aly Babussalam Al Hanafiyyah memperoleh izin pendirian lewat Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 2885 Tahun 2019 dengan Takhasus (Konsentrasi) yaitu bidang Tafsir wa 'Ulumuhu.


Tgk. Kiamuddin,SE
Humas Ma'had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah
Diberdayakan oleh Blogger.