Header Ads

Waduk Teupin Keubeu Jamuan Magnit Wisata Yang Terabaikan

Photo: Koleksi BBB
beritabandabaro.com dua hari yang lalu berkesempatan mampir di sebuah waduk Teupin Keubeu Gampong Jamuan, Waduknya bersih,  adem luasnya juga lumayan,  berada dijalan lintas Krueng Geukueh Bener Meriah atau lebih dikenal sebagai Jalan Lintas bekas PT. KKA. 

Waduk tersebut menurut pantauan BBB, belum dikelola secara maksimal oleh Gampong setempat, hanya dua buah warung atau lebih tepatnya disebut jambo salah seorang pemilik warung ketika ditanya BBB apakah Gampong memiliki rencana untuk menjadikan waduk ini menjadi lokasi wisata Perahu Bebek air. Beliau tidak tahu menahu tentang program tersebut,  krmudian BBB mencoba kontak dengan kepala Gampong setempat Geuchik Joy juga nomor HP nya tidak aktif,  kemudian BBB juga menelpon Sekretaris BUMG jamuan Jaya juga tidak bisa diajak bicara karena kesibukan. 

Lalu Obrolan BBB beralih ke salah satu anak muda yang baru mampir ketika BBB mengajukan pertanyaan Bagaimana menurut mu apabila waduk ini dijadikan tujuan wisata supaya Gampong dapat menghasilkan Pendapatan Asli Gampong dari mengoptimalkan waduk ini menjadi tempat wisata. 

"Menurut saya agak susah juga menjadikan tempat wisata,  karena disini kami memiliki pesantren, takutnya nanti melanggar syariat Islam"  (interviewee-anonim). 

Bila merujuk kepada prioritas Kementrian Desa,  mewisatakan Waduk kedalam usaha produktif yang bernilai ekonomis adalah nilai plus sehingga baru baru ini pak Mentri Desa Eko Putro Sandjojo menegaskan dalam akun twitternya bahwa pabila ada Gampong yang menjadikan waduknya sebagai tempat wisata Pak Mentri akan Membantu memberikan bibit ikan dan uang sebanyak 50 juta rupiah untuk pengelolaan tahap awal. 

Dan kepada Gampong setempat semoga adanya syariat dapat membuat hidup lebih terarah dan lurus dan semoga Waduk Teupin Keube ini akan menjadi contoh wisata syariah di jamuan untuk Aceh Utara.  DDD-BBB. 

Powered by Blogger.