Header Ads

PANEN PADI DI BANDA BARO DIHADIRI KORAMIL


Paya Bunyout Banda Baro, hari ini 16 Oktober 18 Koramil bersama BPP, Mantri Tani, ppl melaksanakan panen padi dengan masyarakat petani di desa Paya Beuyot Kecamatan Bandabaro Aceh Utara.


Menurut Komandan Didik dari Koramail Banda Baro luas lahan sawah di Gampong Paya Beunyot 120 H, yang bisa tertanam kali ini cuman 50 H dan yang bisa dipanen sekitar 40 H, yang 10 H puso karena disebabkan masa pertumbuhan kekurangan air.

Luas sawah secara keseluruhan di Kecamatan Bandabaro adalah 1093 H  sementara yang bisa ditanami 420 H, lain nya tidak  bisa ditanami karena kekurangan air, bahkan ada sekitar 100 H yang ditanam tidak bisa tumbuh dengan baik / puso. Pompa air yang ada tidak mencukupi untuk mengaliri sawah yang ada, timpal Komandan Didik.

Akibatnya ada sebagian lahan sawah masyarakat di alih fungsikan jadi kebun ditanam bawang, kacang panjang dan lainnya.

Masyarakat sangat berharap adanya saluran iringasi dan air yang bisa mengaliri sawah yang ada di wilayah kecamatan banda baro, karena perekonomian  masyarakat Banda baro sangat tergantung. dari pertanian sawah.

Umumnya Sawah di Banda baro masih tadah hujan, segingga pada musim hujan rawan banjir dan pada musim kemarau rawan terhadap kekeringan dan kekurangan air, pungkas Komandan Didik. DD-BBB.

Powered by Blogger.