Header Ads

Pendamping Desa Aceh Pembekalan Materi Di Banda Aceh

Pelatihan Peningkatan, Kapasitas PDP dan PDTI P3MD Se Aceh Tahun 2017 Banda Aceh,hari ini 06 Novemper 2017 dibuka di Sulthan hotel Banda Aceh, Pelatihan Gelombang I ini dilangsungkan hingga 11 november 2017 mendatang kemudian gelombang II dan III hingga 22 november 2017 mendatang. Tempat pelatihan ini selain di sulthan juga di Grand Permata hati Banda Aceh dan permata hati dan konvension senter Aceh Besar.

Pak Teuku Zul Husni Perwakilan dari Satker P3MD Aceh menyatakan bahwa Pelatihan ini bertujuan peningkatan kapasitas pendamping desa P3MD tahun anggaran 2017 adalah untuk membekali pendamping desa yang sudah bertugas tahun 2015 dan 2016, adapun materi pelatihan sebagai berikut:
  1. Kebijakan Pokok Pelaksanaan UU desa beserta Peraturan Pelaksanaannya;
  2. Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
  3. Kebijakan Pendampingan pelaksanaan UU Desa, Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdyaan Masyarakat desa sesuai bidang tugas ( pemberdayaan Masyrakat desa, Pembangunan Partisipatif, Pemberdayaan Ekonomi Desa, Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Infrastruktur Desa dan Pengembangan Layanan Dasar;
  4. Evaluasi Perencanaan Pembangunan Desa;
  5. Tehnik Fasilitasi Regulasi Desa dan Musyawarah Desa dalam perencanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat desa.
  6. Kebijakan, Prosedur dan Mekanisme Program Inovasi Desa
  7. Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa;
  8. Bimbingan Tehnis Tentang Sistem Informasi Dana Desa (SIPEDE) sebagai materi tambahan yang merupakan Tindak Lanjut dari Surat DITJEN PPMD kementerian desa PDT dan Transmigrasi Nomor 204/DPPMD.I/XI/2017 tanggal 3 November 2017 Hal Pemanfaatan Sistem Informasi Pembangunan Des P3MD.


Peserta Pelatihan ini seluruhnya berjumlah 763 orang, terdiri dari 546 orang Pendamping Desa Pemberdyaan dan 217 Orang Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur. Sementara jumlah Pelatih ada 66 orang yang terdiri dari Gelombang I 21 orang, Gelombang II 33 Orang, Gelombang III 12 orang. Para Pelatih ini berasal dari Satker, Konsultan Pendamping Wilayah (KPW1) Aceh dan unsure tenaga Ahli (TA) P3MD Kabupaten/Kota se Aceh.
Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan peningkatan Kapasitas pendamping Desa P3MD tahun anggaran 2017 terdiri dari:
  1. Managemen Pendampingan;
  2. Evaluasi Fasilitasi Dukungan Regulasi Implimentasi UU Desa;
  3. Pembangunan Desa
  4. Pokok Kebijakan Program Inovasi Desa;
  5. Rencana Tindak Lanjut Hasil Inovasi di Desa;
  6. Pengelolaan Inovasi Desa;
  7. Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL);
  8. Bimbingan Tehnis Sistem Informasi Pembangunan Desa (SIPEDE) P3MD.


Di Akhir Sambutannya Pak Teuku Zul Husni dari PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Satker P3MD Provinsi Aceh berharap pelatihan ini adalah untuk kesamaan Konsep dan Visi serta Misi Kegiatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Kerangka Pelaksanaan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Serta sebagai Sarana Evaluasi, Refleksi dan Merumuskan Rencana Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendampingan.




Powered by Blogger.