Header Ads

International Observe The Moon Night


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe akan melaksanakan peringatan International Observe the Moon Night (InOMN) atau sering disebut juga malam pengamatan bulan internasiona. Berdasarkan pengamatan para ahli untuk tahun ini akan jatuh pada tanggal 28 Oktober 2017.


” Insya Allah, kami pihak IAIN di bawah naungan Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe besok akan memperingati International Observe the Moon Night atau malam pengamatan bulan internasional pada hari sabtu (28/10/2017) bertempat didepan gedung Perpustakaan IAIN Lhokseumawe dengen menggunakan tiga teleskop,” kata Tgk. Ismail Al-Falaky, MA selaku kepala Pusat Studi Ilmu Falak LPPM IAIN Lhokseumawe dalam siaran tertulisnya kepada beritabandabaro.com, jumat (27/10/2017).

Ia mengatakan acara ini diperuntukkan untuk masyarakat umum dan diharapkan kepada seluruh masyarakat yang ingin melihat secara langsung permukaan bulan dengan teleskop agar dapan menghadiri tempat tersebut.

” Acara dimulai direncanakan akan diadakan pada pukul 18:00 sampai dengan 21:00 Wib, sabtu (28/10/2017). Penyelenggaraan ini diperuntukkan untuk masyarakat umum dan diharapkan kepada seluruh masyarakat yang ingin melihat secara langsung dengan teleskop agar dapat menghadiridi tempat kami.,” papar ahli falak Aceh itu yang juga alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Tgk. Ismail Al-Falaky menjelaskan bahwa InOMN merupakan kegiatan tahunan yang digagas dan dideklarasikan pertama kali pada tahun 2010 oleh para astronom amatir dan profesional di negara Amerika Serikat, kemudian acara ini disambut dengan baik oleh pecinta langitdan selalu diperingati di setiap tahunnya oleh semua tim astronom amatir dan professional di seluruh dunia.

“InOMN dideklarasikan bertujuanuntuk memperkenalkan bulan kepada masyarakat umum secara teori ilmiah, mengingat hanya bulan satu-satunya benda langit yang dekat dengan bumi, sangat indah saat dipandang, beragam pemahaman mitos terhadap bulan danbulan juga satu-satunya satelit alami yang dimiliki Bumi,” lanjut sang dosen senior IAIN Lhokseumawe itu.
Powered by Blogger.