Header Ads

Cado Pejuang UMKM dari Ulee Nyeue


Deddi Iswanto Ibrahim adalah owner Cado Coklat. Beralamat di Gampong Ulee Nyeue Kecamatan Banda Baro Kabupaten Aceh Utara. Bertutur tentang Bagaimana Memabngun Brand Cado Coklat.

Menurutnya Aceh Memiliki keunggulan berbagai komoditi eksport, sebut saja kopi, minyak Nilam, pinang, kopi hingga Coklat.

Di tahun 2010, kopi sedang menemui pertumbuhan pasar dunia, nasional bahkan lokal. Dan hasilnya kopi aceh dan gayo sudah mendapat tempat khusus dihati penikmat kopi dunia.


Bertolak belakang dengan hal tersebut,  Deddi Iswanto menangkap peluang lain yaitu Coklat, selama ini banyak coklat, tidak diolah menjadi produk makanan cemilan siap makan, namum umumnya petani menjual biji ke pengepul, lalu pengepul menjual ke Agen yang lebih besar di Medan Sumatera Utara. Dari sana lah komonditas Aceh Mendunia.

"Saat itu yang kepikir dibenak saya bagaimana saya memberi nilai tambah pada biji coklat ini supaya lebih bernilai dan memberi income lebih dari hanya menjual Beans."

Dari hasil komtemplasi panjang dan kerja keras akhirnya Dedi berhasil menciptakan produk dari bahan biji coklat lokal, nama nya KaCho alias Caramel Chocolate by Cado's Home Food Industry adalah nama rumah produksi Produk Cado Sama sekali belum memiliki peralatan industry, dalam prosesnya semua masih menggunakan peralatan rumah tangga dan serba manual.


Menurutnya rumah produksi Cado memperkerjakan anak-anak Yatim, putus sekolah dan mahasiswi part time dan janda bekas konflik, semuanya additional dan temprorar dikarenakan kami belum memproduksi tiap hari jadi belum ada pekerja yang terikat kontrak permanen, tempat usahanyapun rumah sekaligus tempat saya tinggal, jadi sungguh Home Made dan masih exclusiv dengan produk masih terbatas dipasar, belum mampu memproduksi secara massal.

Peminat KaCho umumnya masih by order, kami belum mampu mensuplai ke semua mart yang ada dipesisir timur Aceh, hanya dibeberapa titik saja.

Bagi peminat Coklat Asli dengan rasa pahit..manizz dan lemak, masih bisa pesan lewat:

WA: 081360357736
IG: Cado_coklat

Powered by Blogger.