Header Ads

Nisam Panen Raya Bibit IF 8 Dari IPB


Hari ini petani padi Nisam panen raya bibit IF 8 bibit dari IPB di Gampong Meulasah Rayeuk Nisam kabupaten Aceh Utara.

Acara panen perdana ini semula akan dilakukan oleh Wakil Gubernur Aceh,  namun karena berhalangan kemudian digantikan oleh Kepala Dinas Pertanian Aceh.

Hadir dalam acara panen raya tersebut sejumlah ormas dan tokoh masyarakat seperti LPMA,  Aceh Bertani Community,  Lembaga Peduli Aceh,  beserta unsut muspika kecamatan dan juga Muspida Aceh Utara.  Seperti Danramil,  Kapolsek,  Dandim juga kadis Pertanian serta staf ahli bupati Aceh Utara.

Bibit IF 8 merupakan bibit yang diberikan oleh Pemerintah Aceh secara cuma cuma yang diserahkan langsung oleh Guberbur Aceh Irwandi Yusuf, di lapangan bola Cot Murong 14 November 2017 kepada 315 petani padi Nisam melalui fasilitasi oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Aceh. Tidak hanya bibit namun juga diberikan pupuk dan berbagai bahan perawatan dan anti hama.

Ketua ABC ikhsan Bireuen dalam wancara dengan beritabandabaro mengatakan bahwa Aceh Bertani Community ikut membina para petani ini mulai dari penyemaian bibit hingga panen,  yang langsung dibimbing oleh sekretaris ABC Abu Andali.

Ikhsan juga berharap dengan adanya bibit baru if 8 dari IPB petani Nisam dapat bangkit dengan hasil maksimal. Bibit ini hanya baru dikembangkan di nisam saja, hasil panen kali ini mencapai 11,8 Ton per Hektar, pungkasnya.  DD-BBB.



Powered by Blogger.