Header Ads

RKB PLN ADAKAN PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM

Direktur BDS-P Granada Musrizal Pemateri hari ini  didampingi Pak maimun dan Pak Zukarnain mengatakan kepada beritabandabaro.com di Rumah Kreatif BUMN Lhokseumawe dan Aceh Utara bahwa kemasan bagi produk UMKM ini menjadi penting karena bagian terluar selain berfungsi sebagai pembungkus juga bertujuan melindungi produk dari cuaca, guncangan dan benturan terhadap benda lain. Kemasan juga memiliki fungsi melindungi  dan mengawetkan produk, sebagai identitas produk berisikan informasi tentang produk kepada konsumen dan meningkatkan efisiensi, seperti memudahkan perhitungan, pengiriman dan penyimpanan.

Oleh sebab itu menurut Musrizal maka UMKM mesti memiliki strategi kreatif serta konsep dan penerapan desain kemasan berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil riset seluruh aspek pemasaran untuk memaksimalkan daya tarik visual, seperti unsur warna, bentuk desain, memiliki merek atau logo produk, adanya ilustrasi tentang produk serta tipografi dan tata letak.

Sementara itu perwakilan PLN yang hadir saat itu Pak Safriansyah (Raja) mengatakan bahwa RKB PLN sudah menjalin kerjasama dengan sebuah situs penjualan online belanja.com, nah sekarang semua produk UMKM yang tergabung dalam RKB PLN sedang melakukan input data ke belanja.com supaya dapat diakses oleh pasar global dan ini juga menurutnya sebagai satu dari pencanagan Go Digital bagi produk UMKM.

Pertemuan tersebut juga menghadirkan seorang Praktisi Media Deddi Iswanto Ibrahim sekaligus Owner Cado Chocolate menyampaikan materi dan praktek langsung mengolah photo dengan thema 'Optimalisasi Produk UMKM Melalui Olah Photo Digital’.


Menurut Dedy selama ini para UMKM memiliki banyak keterbatasan dana supaya dapat menyewa jasa photographer  profesional guna mengambil gambar produk mereka sehingga kelihatan menarik serta memenuhi kaidah kaidah photography. Dedy mengatakan bahwa dunia yang kita tempati dan hidup sekarang ini kalau bahasa lagi ngetrend nya ’Jaman Now’ harusnya itu bukan lagi kendala dan masalah berarti bagi siapapun dalam penguasaan tehnologi, sekarang setiap orang memiliki HP berbasis android dimana rata rata sudah mampu menangkap gambar hingga 12 mega pixel, itu ukuran gambar sudah bisa cetak baliho 5 x 8 meter. Jadi menurutnya bahwa sekarang para umkm hanya perlu mengetahui bagaimana mengolah photo yang dihasilkan secara digital tadi dengan menggunakan program editing bawaan dari android tersebut atau menggunakan aplikasi yang lebih powerful lagi seperti Adobe Photoshop, kita tidak perlu menjadi ahli namun cukup mengerti tehnik tehnik dasar penggunaan saja sudah cukup untuk pemula plus sedikit ilmu tentang framing photo, komposisi, sudut pengambilan maka aman lah sudah, sehingga nantinya photo yang kita hasilkan dapat digunakan untuk promosi atau iklan dari produk para umkm itu sendiri, Pungkas Dedy. DDI-BBB.
Powered by Blogger.