Header Ads

Tanam Perdana Penangkaran Bawang Merah Ulee Nyeue di Hadiri Pak Darjo dan Cek Mad.

BERITABANDABARO.COM, Ulee Nyeue 24 September 2017 berlokasi di Blang Cot Dusun Berandeh Gampong Ulee Nyeue kecamatan Banda Baro Aceh Utara, hari ini melakukan tanam perdana bawang merah untuk penangkaran bibit, hadir dalam acara seremonial itu adalah Cek Mad seulaku Bupati Aceh Utara sekaligus dihadiri oleh Pak Haji Hasanuddin Darjo dari Banda Aceh selaku Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Mukhliza panitia sekaligus Ketua Kelompok Tani Bawang Ridho Mandiri memberitahukan kepada beritabandabaro.com Selain kedua tokoh sentral tersebut hadir juga dalam perheletan tersebut bapak KADISTANPAN, DANDIM, DANRUDAL 001, DANLANAL, KADISTANBUN Aceh Utara, Kepala BI Lhokseumawe, Kepala Bappeda Aceh Utara, KADISPERINDAG Aceh Utara, Camat dan Teungku Imum Syik serta penyuluh dari Balai Penyuluhan Pertanian Banda Baro.

Penangkaran Bawang Merah di Banda Baro seluas kurang lebih 9 Hektar namun lokasi yang akan dijadikan Penangkaran di Blang Cot sekitar kurang lebih 2 Hektar, sebut salah seorang pemilik lahan Muhammad Diah selaku pemilik lahan yang disewa oleh Kelompok Tani Ridho Mandiri. Selain itu menurut Mukhliza setiap Desa di Banda Baro memiliki masing masing dua Demplot ( demo Plot) lahan untuk penanaman bawang merah.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Utara Ir. Sarifuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa Penangkaran ini memiliki tujuan, pertama untuk memastikan ketersedian benih bermutu dalam rangka memenuhi benih Holtikultura di Aceh Utara, kedua supaya dapat mengurangi ketergantungan benih dari luar Aceh. Beliau juga menyampaikan bahwa di Ulee Nyeue juga telah dibangun sebuah Gudang Penangkaran benih yang dilengkapi dengan beberapa alat sehingga benih dapat disimpan dalam waktu yang lama dan tidak membusuk.



Powered by Blogger.