Header Ads

Hasnuddin Darjo: Makan!... Enak?...Tanam!

BERITABANDABARO.COM. Ada yang unik kali ini dalam tanam perdana penangkaran bibit bawang merah di Ulee Nyeue Banda Baro Aceh Utara. Bapak Haji Hasanuddin Darjo dalam sambutannya meminta kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Utara, dan sejumlah mentri tani atau penyuluh pertanian di wilayah Banda Baro Aceh Utara naik ke atas Panggung di mata Podium diletakkan, lalu mereka di minta berdiri berjejar menghadap kea rah tamu undangan yang hadir lalu pak Darjo dari dalam tas nya mengeluarkan jagung rebus, telo rebus dan kacang rebus kemudian masing mereka diminta memakannya, satu persatu ditanyain termasuk kepala DISTANBUN Aceh Utara.

Pak Darjo : Apakah enak ?
Kepala DISTANBUN Aceh Utara : Enak Jawab Pak
Pak Darjo :  Kalau Enak? Tanam!

Pertanyaan yang sama juga ditanyakan kepada para penyuluh tani yang menaiki panggung waktu itu dan jawaban nya semua Enaaaak, lalu Pak Darjo membalasnya persis seperti kepada Kepala DISTANBUN Aceh Utara, “ kalau enak??, Tanam!”.

Apa Kita mau impor makanan seumur hidup? Yang beli terus menerus itu orang kaya. Kemudian dia juga menyinggung para penyuluh suatu waktu ia akan mendatangi rumah mereka dia ingin memastikan apakah setiap rumah penyuluh halamannya ditanmi AKABI ( Aneka Kacang dan umbi umbian).

Dalam kesempatan itu pak Haji Hasanuddin Darjo yang merupakan kepala dinas pertanian dan perkebunan provinsi aceh mengatakan bahwa tugas petani itu berat, bila saja petani mogok tanam, mau makan apa kita. Timpalnya.

Ia juga mengilustrasikan bahwa pagi ini ia di pendopo bupati aceh utara disuguhi sarapan pagi yang dimasak oleh isteri Bupati Aceh Utara, bibitnya didatangkan dari Madras, Filipina, Thailand, lampung. Siapa yang tanam? “ Petani” jawabnya.

Dalam Kalimat akhir Pak Darjo Mengutip sebuah hadis nabi Sallahualihiwasallam.
" Jika tiba waktunya hari kiamat, sementara ditangamu ada bibit kurma, maka tanamlah segera".


Powered by Blogger.