Header Ads

Banda Baro Bangun Rumah Dhuafa 19 Unit

BERITABANDABARO.COM, Paya Uleu 12 September 2017 dalam sebuah kesempatan peletakan batu pertama untuk pembangunan rumah dhuafa atau rumah sehat program prioritas kementerian desa dan kebupatian aceh utara, pak Fadly selaku Camat di kecamatan Banda Baro, berhasil diminta tanggapan beliau oleh Jurnalis beritabandabaro.com.
Berikut adalah rekaman wancara tersebut;

Jurnalis BBB : Bagaimana Tanggapan bapak selaku Camat di Banda Baro tentang Program Pembangunan Rumah Sehat atau rumah dhuafa ini;

Camat Banda Baro : Sebagaimana telah sama kita ketahui bersama bahwa bukan hanya banda baro saja, namun seluruh Aceh Utara rumah dhuafa masih banyak yang belum terbangun khususnya banda baro dengan adanya program ini Alhamdulillah minimal mengurangi jatah angka atau pembangunan dimana dahulu menjadi salah satu data kemiskinan yang ada di Aceh Utara atau yang ada di kecamatan banda baro makanya menurut pendapat orang gampong walaupun saya yang sampaikan melalui Dana Gampong (DG) seperti ini sasarannya sangat tepat artinya di masyarakat gampong telah bermufakat secara bersama dalam Musdes siapa yang paling berhak memperoleh rumah bantuan ini.
Jadi menurut saya bantuan rumah ini sangat tepat sasaran, selain juga bantuan rumah dari dinas perumahan rakyat juga baitul mal minimal dengan adanya program ini membantu mengurangi kekurangan rumah yang ada di banda baro umumnya aceh utara.

Wartawan Media Lain: Apakah transparan.

Camat Banda Baro : Cara ini sifatnya transparan karena sesuai dengan keterbukaan informasi, tehnik dan tatacara mendapatkan rumahpun melalui musyawarah serta mufakat apabila tidak terjadi kesepakatan di dalam musyawarah gampong, hal terakhir yang dilakukan adalah dengan cara tos jadi metode ini sangat sangat tepat sasaran.
Ditanyakan berapa jumlah anggaran untuk sebuah unit rumah, pak fadly mengatakan untuk aceh utara ada perbedaan karena menurut tempat. Tetapi kalau kita dibanda baro hasil dari perhitungan material dan segala macam adalah Rp.72.500.000 (tujuh puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) ini sudah termasuk pajak.

Ketika ditanya soal harapan Camat kedepan, Pak Fadly menjawab. Maunya anggaran ini salah satunya kalau memungkinkan secara aturan bisa di plot semua pembangunan rumah dhuafa bagi gampong gampong yang memang masih kekurangan rumah dan sangat membutuhkan. 

Dalam kesempatan tersebut beritabandabaro.com dan muspika plus berkeliling kebeberapa gampong yang bersamaan jadwal peletakan batu pertama di kawasan banda baro, seperti Alue Keurinyai dan Blang Pala serta Jamuan.
Tahun ini menurut Pak Camat Banda Baro membangun 19 unit rumah dhuafa dengan menggunakan Dana Gampong tahun anggaran 2017.DD-BBB.
Powered by Blogger.