Header Ads

Santri PDF Dayah Babussalam Matangkuli belajar Menghitung Kalender Masehi dan Hijriah


Santri Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Dayah Babussalam Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara belajar menghitung Kalender Masehi untuk tahun 2018 dan Kalender Hijriah tahun 1439 Hijriah yang di bimbing Oleh Tgk Kiamuddin selaku Guru Pengampung Mata Pelajaran Ilmu Falak di Diniyah tersebut. 

PDF merupakan salah satu dari entitas kelembagaan pendidikan keagamaan Islam yang bersifat formal untuk menghasilkan lulusan mutafaqqih fiddin (ahli ilmu agama Islam) guna menjawab atas langkanya kader mutafaqqih fiddin. Jenjang PDF dimulai dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah hingga pendidikan tinggi. 

Layanan PDF ini tunduk atas Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam, yang merupakan turunan atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, yang merupakan implementasi dari Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Pendidikan Diniyah Formal yang ada di Dayah Babussalam matangkuli tingkat Ulya diresmikan pada tahun 2015 Oleh Kemenag Provinsi Aceh dan berjalan dibawah Kontrol Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Kurikulum yang akan dikembangkan oleh PDF terdiri atas pendidikan umum dan pendidikan keagamaan Islam berbasis kitab kuning (kutub al-turats). Mata-mata pelajaran pendidikan umum hanya terdiri atas Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta untuk tingkat ulya ditambah dengan Seni dan Budaya, sementara mata pelajaran keagamaan Islam hingga di tingga ulya meliputi: Al-Qur’an, Tauhid, Tarikh, Hadist-Ilmu Hadits, Fiqh-Ushul Fiqh, Akhlaq-Tasawuf, Tafsir-Ilmu Tafsir, Bahasa Arab, Nahwu-Sharf, Balaghah, Ilmu Kalam, Ilmu Arudh, Ilmu Mantiq, dan Ilmu Falak yang semuanya berbasis kitab dan berbahasa Arab. 

Sumber : Tgk Kiamuddin Guru Pengampung Mata Pelajaran Ilmu Falak

Powered by Blogger.