Header Ads

Mengapa Dana Desa Tidak Boleh bangun Kantor Desa dan Rumah Keluarga Miskin


Mengapa Dana Desa Tidak Boleh bangun Kantor Desa dan Rumah Keluarga Miskin?
Kenapa Dana Desa tidak bisa digunakan untuk membiayai pembangunan atau pengembangan kantor Desa? Sementara untuk mendukung lancarnya aktifitas pelayanan masyarakat, perlu adanya fasilitas kantor Desa yang memadai, termasuk bangunan kantor dan perlengkapannya? 


Desa seharusnya memiliki kantor Desa atau Balai Desa. Pemerintah tidak melarang Desa membangun kantor Desa atau balai Desa. Tetapi untuk membangun kantor Desa maupun belanja alat tulis kantor (ATK) tidak boleh menggunakan Dana Desa, melainkan bisa menggunakan sumber dana lain di luar Dana Desa. 

Demikian juga Dana Desa digunakan untuk pemberdayaan, bukan dibagi habis cuma-cuma ke orang perorang atau ke setiap keluarga, meskipun untuk menolong keluarga miskin. Dana Desa bisa digunakan untuk membiayai pembangunan rumah dan jamban keluarga miskin, bisa juga untuk mendukung usaha keluarga miskin, tetapi jangan dibagi cuma-cuma, melainkan dengan pola arisan atau bergulir. Keluarga miskin yang memperoleh dukungan dana tersebut wajib mengembalikan agar bisa digulirkan kepada keluarga yang lain.



Powered by Blogger.