Header Ads

GIRMAPAN Instalasi Tong Sampah Ajaib

Minggu [16/4] Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna [Posyantek] Girmapan Gampong Pante Lhong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen membuat tong sampah ajaib yang mereka beri nama dengan "Barrel T-01" yang mereka instalasi dari barang yang mudah didapatkan oleh masyarakat.
kegiatan yang dipusatkan disekretariat Girmapan itu di intrukturi oleh Fauzan Amir [28] yang merupakan salah seorang tokoh muda Gampong Pante Lhong juga salah satu anggota teras dari Posyantekdes Girmapan menyatakan kepada beritabandabaro.com
"kita coba mengembangkan alat sederhana ini untuk menguraikan sampah menjadi tidak sampah lagi atau Zero Waste dan hasil produksinya ramah lingkungan", katanya disela-sela perakitan tong sampah ajaib ini.
Kegunaan Tong Sampah Ajaib ini adalah mengurai sampah rumah tangga menjadi Kompos dan Pupuk cair yang sangat bermanfaat bagi nutrisi tanaman, baik tanaman keras maupun tanaman lunak serta tetap menjadikan tanah kaya akan unsur hara yang alami.    
Posyantek Girmapan Gampong Pante Lhong yang diketuai oleh Murizal Pangeran ini sebelumnya juga telah mempraktekkan pengolahan Limbah Boh Giri Matang menjadi beberapa produk yang bermanfaat untuk kesehatan dan produk ramah lingkungan.
Dalam kesempatan yang sama Murizal Pangeran menyatakan kepada media. "permasalahan sampah adalah permasalahan serius karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan bila tidak ditangani". 
"Semoga Tong Sampah Ajaib ini bisa memberi sedikit solusi kepada masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanganan sampah, khususnya limbah rumah tangga", lanjutnya lagi.
"Nanti kedepannya kita akan kembangkan Barrel T-02 yang bisa ditanami tanaman keperluan rumah tangga seperti Cabe, Tomat, Bawang dan lainnya sehingga bisa mengirit pengeluaran rumah tangga untuk bumbu-bumbu dapur", Fauzan Amir menambahkan.
Posyantek Girmapan siap belajar dan mengajari teknik Instalasi tong sampah ajaib ini kepada masyarakat luas atau bagi yang berminat menggunakan tong sampah ajaib Barrel T-01 di rumah bisa menghubungi mereka.
Diberdayakan oleh Blogger.