Header Ads

Forum Geuchik Banda Baro Bahas BUMG Bersama

Banda Baro, hari ini 25 februari di Ulee Nyeue sejumlah Geuchik yang terhimpun dalam forum geuchik banda baro mengadakan duduk semeja untuk membahas pendirian BUMG bersama di Banda Baro nantinya sebagai sebuah usaha bersama antar Gampong di kecamatan Banda Baro Aceh Utara.

Acara tersebut dimediasi oleh ketua forum Geuchik banda baro Teungku Asnawi H. Ali dan difasilitasi oleh koordinator Pendamping Desa Pemberdayaan kecamatan Banda Baro Deddi Iswanto.

Agenda Acara utama adalah menindaklanjuti dan sekaligus bentuk respon terhadap edaran surat Mentri Desa Eko Putro Sandjojo tertanggal 13 Februari 2017 lalu, dimana dalam surat edaran tersebut menitik beratkan desa memiliki BUMDes atau di aceh BUMG dan BUMG bersama antar gampong.

Geuchik Ulee Nyeue Asnawi Haji Ali yang juga sebagai ketua forum geuchik banda baro mengatakan pentingnya Gampong membangun sebuah BUMG sebagai centra ekonomi bisnis berlevel gampong maupun kecamatan, dimana pengurusnya harus kapabel, amanah, jujur dan bertanggungjawab sehingga unit usaha usaha desa nantinya dapat dikelola secara professional, akuntabel serta berkesinambungan dan pastinya menguntungkan, sehingga desa dapat menghasilkan PAG (penghasilan asli Gampong) yang bisa dimasukkan ke dalam APBG setiap tahunnya untuk membangun gampong. 

Forum yang dihadiri oleh Geuchik Paya Uleu, Cot Jabet, Blang Pala, Jamuan dan perwakilan lainnya juga membahas wacana ihwal awal tentang modal bersama serta bentuk usaha yang akan digarap nantinya dan tehnisnya akan ada lagi forum lanjutan dalam minggu minggu kedepan. BBB.

Powered by Blogger.