Header Ads

Kaum Perempuan Meunasah Bungo di Latih Pembuatan Sabon Cair Dan Sosialisasi Dana Desa



Meunasah Bungo (30/1), Masyarakat khususnya kaum perempuan Gampong Meunasah Bungo Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen Senin (30/1) mendapat Sosialisasi tentang Dana Desa dan Pelatihan Peningkatan Ketrampilan, acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Gampong tersebut di hadiri oleh Camat Peudada Drs. M. Hasan Daulay dengan menghadirkan Mukhlis Aminullah, SE Selaku Pemateri Pelayanan Sosial Dasar yang berasal dari P3MD Kab. Bireuen dan Murizal Pangeran sebagai Praktisi Sabun Cair.

Kegiatan di pusatkan di Meunasah Gampong tersebut melibatkan puluhan ibu-ibu Pengurus PKK, BKB, Posyandu dan lembaga Perempuan lainnya baik sebagai pengurus di gampong juga diikuti oleh Pengurus tingkat Kecamatan serta unsur Perangkat Desa. Acara tersebut di bagi dalam dua sesi yaitu Pagi berupa Penyampaian materi Sosialisasi Dana Desa untuk Pelayanan Sosial Dasar dan Sesi Siang Pelatihan Peningkatan Ketrampilan.  

Dalam sambutannya, Camat Drs. M. Hasan Daulay mengatakan bahwa “Dana Desa harus bisa menjadi sumber kesejahteraan masyarakatnya, baik dari segi pembangunan wilayah maupun pembangunan manusianya”. 

Sedangkan Mukhlis Aminullah. SE, menitik beratkan tentang pentingnya penyerapan Aspirasi dan Peran Aktif Perempuan dalam Pembangunan Gampong didalam Penganggaran dan Pelaksanaan Pembangunan Gampong yang bersumber dari Dana Desa yang dikaitkan dengan kesejahteraan masyarakat meliputi Kesehatan, Pendidikan dan Pelayanan Sosial Dasar lainnya. Demikian kesimpulan yang ditarik pada saat sesi Pertama berakhir.

Antusias kaum ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi dimana kehadiran mereka pada sesi kedua setelah jeda kembali memenuhi halaman Meunasah untuk mengikuti Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Pembuatan Sabun Cair. 

Materi yang di fasilitasi oleh Murizal Pangeran selaku Praktisi untuk pembuatan sabun cair berlangsung dengan penuh tanya jawab dan canda tawa saat mereka mempraktekkan peracikan pembuatan sabun cair hingga bisa digunakan. 

Disela-sela pembuatan sabun cair tersebut, Murizal Pangeran mengatakan “Dengan ketrampilan ini diharapkan masyarakat memiliki ketrampilan yang nantinya bisa bernilai Ekonomis, baik ekonomis untuk penggunaan keluarga maupun ekonomis untuk di kormelsilkan”.   

Dalam kesempatan terpisah Keusyik Gampong Meunasah Bungo Nurdin Idris mengatakan “Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan dan ke hati-hatian kami dalam mengelola Dana Desa, hingga nantinya tepat guna dan tepat sasaran”, lanjutnya lagi “Kegiatan ini juga terlaksana atas peran Pendampingan yang dilakukan oleh Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa Kecamatan sehingga bermanfaat bagi Masyarakat dan kami Perangkat Gampong”. tutupnya yang di iyakan oleh Sekretaris Desa serta perangkat Gampong lainnya.BBB_MB.


Powered by Blogger.