Header Ads

Internet Marketing Untuk Mengangkat Ekonomi Masyarakat Desa di Aceh

Perkembangan Internet Marketing dewasa ini melesat begitu tajam, tak pelak bagi siapa saja yang ingin agar bisnis yang digelutinya menjadi pusat perhatian mau tak mau harus terjun ke dunia teknologi marketing digital yang satu ini.


Salah Kerajinan Aceh yang telah berhasil mengangkat ekonomo masyarakat desa di Aceh. Foto tribunnews.com

Dengan Teknolgi Internet pula produk-produk yang berasal dari pedesaan dapat dipromosikan dan dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan, katakanlah seperti kerajinan tangan, kuliner dan lain-lain dapat dipromosikan tidak hanya ke tingkat Nasional bahkan Internasional.

Tidak dapat dipungkiri banyak sekali souvenir khas Aceh hasil kerajinan dari masyarakat desa seperti Kopi Aceh, Kopi Gayo dan Bordir Khas Aceh, Kasab Aceh yang sudah mendunia karena menggunakan Internet sebagai media promosi.

Namun sayangnya masih banyak produk-produk tradisional khas Aceh lainnya di pedesaan yang belum di kenal di luar Aceh, taruhlah seperti Keramik Tradisional atau dalam bahasa Aceh dikenal dengan sebutan 'Beulangong Tanoh' dan juga kuliner-kuliner tradisonal lainnya seperti, Bhoi, Seupet dan lain-lain yang berpotensi sangat besar untuk dipromosikan ke luar Aceh.

Beulangong Tanoh merupakan keramik tradisional Aceh untuk peralatan dapur yang digunakan rakyat Aceh tempo dulu dan kini sudah sangat langka di Aceh. Foto http://www.seputaraceh.com/

Pada hakikatnya proses Internet Marketing itu sendiri sangat sederhana, dimulai dengan mempromosikan merek atau brand melalui internet dan suatu produk akan menjangkau jutaan calon pembeli di seluruh dunia. Hal ini tentunya sangat membantu untuk menghasilkan lead yang positif meningkatkan keuntungan bisnis di pedesaan secara keseluruhan.

Sulaman khas Aceh atau disebut juga Kasab Aceh. Foto Bisnis Aceh

Istilah Internet Marketing sendiri memiliki makna yang cukup luas yang dibagi ke dalam beberapa kategori berbeda seperti Affiliate Marketing, Display Iklan, Email Marketing, Inbound Marketing, Search Engine Marketing ,Social Media Marketing dan lain-lain.

Tudung Saji Khas Aceh. Foto seputaraceh.com

Ada begitu banyak alasan mengapa setiap desa di Aceh perlu untuk menambahkan proses ini ke dalam strategi bisnisnya untuk meningkat ekonomi desa dan beberapa diantaranya dapat disimak dalam paparan berikut ini.

Branding

Tak perlu penjelasan panjang lebar tentang kata yang satu ini. Tentunya setiap pebisnis handal baik itu kecil atau besar sudah paham benar betapa pentingnya sebuah branding. Citra atau merek sebuah produk adalah bagian paling utama dalam sebuah kompetisi, jika tidak, dapat dipastikan sebuah produk tidak akan ada yang tahu. Branding akan membantu meningkatkan penjualan dan memperluas bisnis di tingkat yang lebih tinggi dan inilah mengapa setiap desa di Aceh harus memberi brand khusus untuk produk khas yang dihasilkan dan tentunya wajib berinvestasi di Internet Marketing saat ini juga.

Meningkatkan Visibilitas Website

Alasan lain mengapa setiap pelaku bisnis membutuhkan Internet Marketing adalah bahwa dengan Internet Marketing akan sangat membantu meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari yang berbeda. Saat ini, orang lebih memilih internet dari pada sistem bisnis konvensional yang dijalankan secara offline, hal ini berlaku untuk apa saja dan fenomena ini terjadi hampir merata secara keseluruhan, oleh karena itu, adalah suatu keharusan bagi setiap bisnis untuk memperluas jaringan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

Menghubungkan Dengan Lebih Banyak Pelanggan

Tidak diragukan lagi, pelanggan bagi sebuah perusahaan sangat penting untuk meningkatkan penjualan, dan Internet Marketing adalah salah satu media canggih yang akan membantu untuk menargetkan audiens yang lebih luas tanpa ada batasan. Dengan cara ini produk di suatu daerah dapat dipasarkan ke seluruh dunia dan dapat meningkatkan ekonomi taraf hidup baik personal maupun kolektif di desa-desa di daerah Aceh.

Terintegrasi dan Mudah dalam pelacakan

Internet Marketing akan membuat track record dari segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, lebih mudah dan bahkan memungkinkan untuk mendapatkan informasi berupa laporan yang terintegrasi dengan pelanggan. Hal ini dapat memberi kesempatan untuk mengetahui tentang suka dan tidak sukanya orang-orang berhubungan dengan produk yang dijual, sehingga, kita dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan untuk disesuaikan agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Fleksibilitas

Terakhir, Internet Marketing adalah salah satu cara pemasaran yang fleksibel yang memberikan banyak kesempatan untuk mengelola pemasaran dan penjualan dengan mudah. Selain itu, melalui media internet marketing akan jauh dapat menghemat biaya, khususnya biaya promosi yang mahal, bayangkan jika harus memasang iklan di media-media cetak seperti Koran Serambi, berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Penutup

Kesimpulan nya adalah Internet Marketing saat ini merupakan faktor penting untuk pertumbuhan bisnis dan ekonomi desa, dan setiap aparatur pedesaan tidak boleh mengabaikan kekuatan ini. Mungkin sebagai usulan perdana, setiap desa di Aceh khususnya yang memungkinkan untuk dijangkau jaringan internet diwajibkan memiliki jaringan internet dan tentunya sebuah website untuk membantu memperkenalkan desa mereka dan produk-produk yang dihasilkan di desa tersebut, bukankah dana untuk desa yang digulirkan pemerintah pusat saat ini memungkinkan dimanfaatkan untuk itu? Bagaimana tanggapan Anda pembaca Berita Banda Baro, silakan Anda menambahkan.

Jika Anda tertarik untuk Belajar SEO lebih lanjut dan menerapkan SEO di situs Anda tanpa harus melakukannya sendiri Anda dapat menghubungi kami melalui situs blog kami di www.seoblog.id

Pastikan untuk berlangganan newsletter via email untuk menerima tip Internet Marketing dan tips SEO setiap minggunya.
Powered by Blogger.