Header Ads

Pesan Dirjend PPMD Kepada Pendamping Desa

Hari ini di Banda Aceh tanggal 18 November 2016 Bapak Dirjend Pembangunan dan pemberdayan masyarakat Desa Ahmad Erani Yustika hadir ditengah 800 san Pendamping Desa datang dari jakarta membawa pesan khusus kepada semua pendamping desa dalam program P3MD.
Dalam kalimat penutupnya beliau mengutip kalimat dari Bung Hatta, "tidak lah dikatakan Indonesia Maju apabila obor menyala di jakarta, namun sebaliknya Nyala Lilin di seluruh Desa lah, tanda kemajuan itu".
Pesan Lainnya seamua Pendamping Desa dengan berbagai latar belakang pengalaman dan ilmu pengetahuan semampunya harus mampu menjadi lilin penerang bagi Masyarakat desa. Jadilah Orang yang besar, jangan jadi orang sukses, maksudnya sukses itu lebih kepada keberhasilan individu semata namun orang besar itu orang yang dapat menjadikan orang lain berdaya dengan kejhadiran kita.
Katanya lagi Desa bisa membuat apa saja demi kemajuan dan krmandirian Desa terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan  sejauh itu hasil dari sebuah Musyawarah Desa dan keputusan hukum tertinggi di Desa adalah Musdes.
Kedepan Pembangunan desa di arahkan lebih besar kepada pemberdayaan ekonomi, budaya, sosial kemasyarakatan desa. Dengan melibatkan Tri-Matra Pembangunan dan Pemberdayaan Desa, yakni Jaring Komunitas WiraDesa bertujuan memperkuat kualitas manusia.
Lumbung Ekonomi Desa, melakukan pengorganisasian kegiatan ekonomi berdasarkan asas kekeluargaan  prnguasaan negara atas cabang cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hidup orang banyak.
Lingkar Budaya Desa, bertujuan proses pembangunan desa sebagai bagian dari budaya kerja kolektif dengan semangat kebersamaan, persaudaraan dan kesadaran untuk melakukan perubahan bersama dengan spirit, nilai, norma yang tertanam di desa.
Powered by Blogger.