Header Ads

Jasman Tanjung, Datok Seniman Dari Aceh Tamiang

Jasman Tanjung, Datok Seniman Dari Aceh Tamiang.

Photo Koleksi Pribadi

www.beritabandabaro.com,- Suka Jadi Aceh Tamiang. Bagi masyarakat setempat siapa yang tidak kenal dengan Datok Penghulu yang satu ini, selain ganteng, bersahaja, murah senyum, rajin ke musalla, Datok Jasman Tanjung ini juga dikenal sebagai Jasman Tejege sekaligus nick untuk account Facebooknya, Ternyata adalah seorang seniman yang telah memenagkan beberapa event melukis dari kecamatan hingga propinsi dia adalah mutiara terpendam Suka Jadi Karang Baru Aceh Tamiang.
Dalam melaksanakan tugas nya sebagai seorang datok, beliau juga mengelola bisnis rekaman,  produksi video, pencipta lagu, arranger musik, produser sekaligus penyanyi di Jasyitah Studio. Siapa sangka hidup tidak seseorang  pun dapat ditebak. Pak Datok yang berhasil lulus di D3 manjemen komputer di STIMIK Abulyatama 2000 Banda Aceh ini adalah bersuku Batak dari desa bukit patupangan Barus Tapanuli Tengah, sebelum akhirnya mempersunting Masyitah Gadis Gayo berdomisili di Aceh Tamiang, telah melanglang buana sebagai pelukis wajah jalanan dari pensil bewarna mulai melapak dari depan Mesjid Raya Banda Aceh, hingga membuka lapak di depan UNIMED Medan dan luar biasanya lagi pak datok ini memiliki isteri seoarng dokter yang tetap rendah hati. Lukisannya nya dikoleksi hingga ke Malaysia.
Dalam perjalanan hidupnya datok tanjung ini sempat juga menjadi pedagang pakaian keliling dari peukan ke peukan di Aceh, bahkan sebelum jadi datok, dianya juga sempat menjadi tenaga honorer di Aceh Tamiang yang kemudian ditinggalknnya. Hingga saat datok yang menguasai bahasa, Batak, Aceh dan Padang ini masih eksis di bisnis Senimannya, dia bahkan pernah menerima order arranger dan mixing musik dari Kalimantan Barat.


Dalam menit terakhir pertemuan dengan beliau bertuah "Memang keinginan  dan  cita-cita cukuplah tinggi tapi belum tentu kita dapat menggapai apa yang kita inginkan, tetapi bagi saya tetap belajar dan belajar,  untuk menggapai cita-cita,,,,harus tetap berusaha. Dan tetap beribadah dan banyak berdo'a dan selalu bersyukur pada Allah SWT, tidak cepat putus asa. Sesungguhnya Allah itu maha Pengasih dan Penyanyang pada setiap maunusia. Apabila kita dekat dengan Allah pasti Dia selalu menjaga kita dalam kebaikan. Dan memberikan jalan kemudahan. Aamiin,,,,, Aamiin,,,,, Aamiin,,,,, Ya Raobbal Alamin,,,,,"

Deddi Iswanto
Owner dan founder www.tokocado.com
Powered by Blogger.